Politik

DPRD Banten Diminta Tinjau Kembali Usulan 3 Raperda

Wartahotnews – Usulan tiga Rancangan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Banten tentang Raperda Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Raperda Perubahan Perda Nomor 4 Tahun 2004 Tentag Pegelolaan Zakat dan Raperda Tentang Fasiitas Pondok Pesantren diharapkan oleh Wagub Andika Harzumi untuk ditinjau kembali.

Menurut Wagub Andika Harzumy, Pemprov Banten khawatir ketiga usulan raperda tersebut akan tumpang tindih dengan regulasi atau aturan hukum diatasnya yang sudah diatur Pemerintah Pusat.

“ Apabila yang dibuat Pemerintah mulai undang-undang sampai dengan Peraturan Menteri sudah ada, maka kami berpendapat cukup digunakan saja peraturan perundang-undangan tersebut. Oleh karena itu, ketiga raperda yang diusulkan perlunya dilihat kembali batasan kewenangan “ kata Wagub Andikka Harzumy saat menyampaikan pandangan Gubernur Banten terhadap 3 usulan Raperda DPRD Banten pada Rapat paripurna DPRD (18/3).

Andika Harzumy mengatakan, memperhatikan arahan Presiden dalam Rapat Koordinasi Nasional Indonesia Maju, Pemerintah Pusat dan Forkopimda, di Sentul Bogor, 13 Nvember 20219, Presiden meminta Pemerintah Daerah untuk tidak banyak menyusun peraturan yang di khawatirkan malah menyerat sendiri.

Disampaikan oleh Wagub Andika bahwa Pemerintah pusat saat ini telah melakukan simplifikasi peraturan dengan konsep omni buslaw sebagaimana dalam undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang berdampak pada arah kebijakan peraturan, peningkatan ekosistem investasi dan kemudahan berusaha, penyederhanaan perizinan, perlindungan dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM.

Menanggapi pandangan DPRD Banten yang menyebutkan materi muatan yang diatur regulasi Pemerintah Pusat belum memuat  muatan lokal sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Wagub Andika Harzumi megatakan, cukup mengacu kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Peraturan Guberur sebagai aturan pelaksanaannya.(bj)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close