Opini

THR – Gaji Ke-13 Dan Perekonomian Indonesia

Wartahotnews. Rp 35,76 Triliun dana untuk THR dan Gaji ke-13 untuk PNS dan pensiunan; ini belum termasuk gaji ke 13 dan THR untuk tenaga honorer yang telah diatur tersendiri mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Rp 404 milyar untuk tenaga kontrak yang bekerja di Satker-satker. Jadi lebih dari Rp 36T. Rp 36 Triliun nilai yang besar, tetapi itu menunjukan betapa besarnya Republik ini, sehingga untuk belanja 2 bulan gaji saja menghabiskan lebih Rp 36 Triliun. Dana itu diharapkan menggairahkan belanja konsumsi sekaligus membangkitkan perekonomian masyarakat.

THR dan Gaji ke-13 setara take home pay ini menunjukkan pemerintah tidak anti subsidi tetapi memberikan subsidi tepat sasaran kepada yang membutuhkan dan berdampak ganda pada perekonomian negara. Kepada masyarakat miskin diluncurkan subsidi pendidikan, kesehatan; bahkan “pendapatan tunai” melalui kegiatan padat karya perdesaan.

Bandingkan gaji ke 13 dengan belanja selama 3 tahun Pemerintahan Jokowi untuk menyelesaikan Proyek Strategis Nasional Infrastruktur senilai Rp 84 T atau Rp 28T setahunnya. PSN Infrastruktur itu dirasakan langsung oleh masyarakat penerima manfaat dan efeknya pada perekonomian nasional. Jadi kegiatan-kegiatan strategis nasional ini adalah  semacam “subsidi”  pemerintah bagi pengusaha untuk bekerja produktif.

Pilihan kebijakan menggelontorkan APBN untuk subsidi berdampak pada harga-harga yang murah namun negara kehilangan kemampuan membangun, dan dapat terjebak pada hutang. Jika terjebak pada hutang, maka alih-alih Indonesia dapat meningkat perekonomiannya menjadi seperti Malaysia pada 25 tahun mendatang, yang terjadi justru  bisa porak poranda menjadi bangkrut.

Pilihan kebijakan mencabut subsidi berdampak negara dapat membangun dan dampak ikutannya adalah bergeraknya sektor riil dan selanjutnya diharapkan dapat menumbuhkan kembali industri yang dimasa lalu satu per satu wafat. Harapannya Indonesia dapat menjadi kekuatan ekonomi ke 5 dunia pada 25 tahun mendatang.

Apa harapan  pada pemberian Gaji ke 13 dan THR, apa? Meningkatnya pelayanan publik pemerintah pada masyarakat.

Semoga.

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close