Opini

Stunting Dan Kebiasaan Makan Nyampah

Oleh : Herdianto WK

Wartahotnews. Stunting adalah kondisi bayi pendek terhambat tumbuh tinggi karena gizi buruk.Indonesia punya 9 juta balita stunting atau 35% dari balita yang dilahirkan, standar WHO hanya 20% untuk setiap negara, dan jadi peringkat 5 dunia penderita stunting.

Setiap tahun makanan yang terbuang karena tidak termakan di Indonesia adalah 13 juta ton, yang (dari segi volume) dapat menghidupi 28 juta orang per tahun. Indonesia peringkat ke-2 dunia penyampah makanan, peringkat 1-nya Arab Saudi.

Bagaimana Indonesia akan menyelesaikan masalah ini?

Jawaban pertama adalah kembali pada masalah pokok penyebabnya, gizi buruk karena asupan gizi buruk pada bayi, asupan gizi buruk karena pendapatan keluarga yang buruk. Jika benar ini problem utamanya, maka ada baiknya program dana desa yang terus meningkat tembus 100 triliyun dialokasikan untuk mengatasi hal itu.

Bentuknya?

Bukan dalam bentuk bantuan natura tetapi menampung keluarga itu dalam program-program kerja yang dibiayai dana desa. Jika Bapak ikut program padat karya dan Ibu juga ikut kegiatan kreatif produktif desa (misal membuat kerajinan tangan atau makanan atau lainnya), maka ada pemasukan rutin untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi.

Langkah lain?

Banyak yang bisa kita diskusikan, misalnya mencegah perkawinan dini usia, mereviralisasi Posyandu, mendorong pengaturan konsumsi keluarga yang ramah anak (misalnya dengan tidak beli rokok dan pulsa hp untuk orang tuanya).

Semoga berhasil.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close