Opini

Asing Dan Aseng

Oleh : Herdianto WK

Sampai dengan tahun 2017 tenaga kerja asing di Indonesia lebih dari 74 ribu, TKA terbanyak di Indonesia tahun 2011, yaitu lebih dari 77 ribu; sedangkan penempatan tenaga kerja Indonesia diluar negeri sepanjang tahun 2017 lebih dari 148 ribu. Total jumlah TKI di luar negeri lebih dari 6,8 juta orang.

TKA di Indonesia sebesar 0,01% dari jumlah tenaga kerja Indonesia yang sebesar 120 juta orang. Bagaimana negara-negara lain di dunia mempekerjakan TKA? Qatar 94 persen tenaga kerja asing, Uni Arab Emirat  96 persen, Singapura 36 persen, Amerika Serikat 16,7 persen, Malaysia 15,3 persen, dan Thailand 4,5 persen.

Masuknya TKA di suatu negara memang jadi issue sensitif. Untuk itu Amerika membatasi TKA dari Meksiko, Eropha dari Afrika, Malaysia dan Indonesia dari China.

Perlakuan investor membawa temaga kerjanya juga beragam. Jepang dan negara investor berpenduduk kaya lainnya membawa sedikit tenaga kerja karena mahalnya tenaga kerja dari negaranya. China membawa TKA sebagai bagian dari investasinya merupakan kebijakan negara untuk menyerap lapangan kerjanya. Dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan PM China tercapai kesepakatan bahwa investasi China ke Indonesia akan mengurangi jumlah tenaga kerjanya yang dibawa.

Dalam kerjasama jasa antar negara berlaku asas reproksikal. Artinya, apa yang dilakukan Indonesia juga akan dilakukan oleh negara partnernya ke Indonesia.

Tekanan pengurangan TKA ke Indonesia harus disikapi secara rasional. Basis pertimbangannya selain kepentingan penyerapan tenaga kerja di Indonesia, juga pasar tenaga kerja di luar negeri, kebutuhan investasi Indonesia. Tanpa investasi yang mencukupi maka pertumbuhan ekonomi juga terhambat. Tidak adanya pertumbuhan ekonomi maka tidak ada lapangan kerja. Padahal lebih 700 ribu setiap harinya dibutuhkan lapangan kerja baru agar tidak ada pengangguran.

Jadi mendahulukan opini politik tidaklah cukup menyelesaikan masalah, tetapi sebaliknya mengabaikan tuntutan pengurangan TKA dalam investasi asing juga tidak menguntungkan bagi penyerapan tenaga kerja domestik.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close