Nusantara

Hadiri Rakornas Barang Dan Jasa, Bupati : Dengan Berbasis Elektronik, Pegadaan Barjas Dinilai Bisa Tepat Waktu

Wartahotnews  – Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta dalam pengadaan barang dan jasa harus berbasis elektronik, selain sebagai wujud keterbukaan informasi publik juga mendorong pengerjaannya bisa tepat waktu. Hal ini dikatakan Bupati Irna Narulita usai acara Rakornas Pengadaan Barang dan Jasa yang dihelat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/11).

“Nanti dari e-tender sampai e-kontrak dengan penyedia harus dilakukan sehingga benar bisa di tracking oleh masyarakat sampai dengan selasai kontrak, ini sebagai bentuk keberpihakan kita kepada masyarakat,” ujarnya.

Irna berharap, dalam pengadaan barang dan jasa kegiatannya dapat dilaksanakan pada awal tahun. Untuk itu kata Irna, perencanaan harus dilakukan dari satu tahun sebelumnya. ” Harusnya setelah ketuk palu anggaran sudah mulai lelang, kita akan cari tau kelalaian itu ada ditahap mana, agar tidak terjadi berulang – ulang. Perencanaan jangan dilakukan pada tahun berjalan,  masa kesalahan yang sama diulang lagi, kita harus cerdas dalam buat perencanaan,” tandasnya.

Masih kata Irna, ia mengakui saat ini memang di Kabupaten Pandeglang sudah menerapkan pengelolaan pemerintah berbasis elektronik, hal ini terbukti dengan diberikannya penghargaan oleh Menpan RB sebagai juara ke III daerah yang menerapkan  Sistem Pengelolaan Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). “Yang harus terus ditingkatkan adalah kualitas SDM nya agar menjadi SDM yang unggul,” pungkasnya.

Acara Rakornas dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, idealnya lelang konstruksi dilakukan pada awal tahun bulan Januari. Menjelang akhir tahun, seharusnya proses konstruksi hampir rampung. Namun, yang terjadi saat ini masih jauh dari harapan.

Presiden Jokowi menekankan, pada umumnya lamanya lelang konstruksi mengakibatkan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum ambruk. Sebab, waktu pengerjaan terbilang sangat singkat di tengah musim penghujan.

“Akhirnya apa? Ya kualitasnya jelek, jembatan ambruk. Ya kayak gini, November masih lelang, SD ambruk. Karena kerja cepat-cepatan dan pas kerja pas basah, hujan,” kata Presiden Jokowi.(rls/cr)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close