Advertorial

Kualitas Perencanaan Pembangunan Jadi Fokus Perhatian

Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, SE, MM membuka musyawarah perencanaan pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang Tahun 2019 di Pendopo Pemkab Pandeglang, pekan kemarin. Bupati berharap gagasan/ide yang kita sampaikan dan satukan dalam musyawarah ini dapat memberikan rumusan yang konstruktif dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan Kabupaten Pandeglang yang tertuang dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pandeglang tahun 2019.

Bupati dan Sekda bersama Pejabat Pemkab. Pandeglang

Menurut Bupati, perencanaan yang berkualitas harus mempunyai fungsi sebagai penuntun arah, meminimalisasi ketidakpastian, meminimalisasi inefisiensi sumber daya, serta penetapan standar dan kualitas perencanaan. Disamping itu, perencanaan yang baik harus memiliki prinsip-prinsip diantaranya :

  1. Prinsip partisipatif, yaitu masyarakat yang akan memperoleh manfaat dari perencanaan  harus turut dalam prosesnya;
  2. Prinsip kesinambungan, yaitu perencanaan tidak hanya berhenti pada suatu tahap, tetapi harus berlanjut sehingga menjamin adanya kemajuan terus-menerus;
  3. Prinsip holistik, yaitu masalah dalam perencanaan tidak hanya dilihat dari satu sisi (atau sektor) tetapi harus dilihat dari berbagai aspek dan dalam keutuhan konsep secara keseluruhan;
  4. Mengandung sistem yang dapat berkembang;
  5. Terbuka dan demokratis.
Bupati Irna Narulita menerima laporan hasil pemeriksaan LKPD dari BPK RI

Hal yang perlu dimitigasi bersama dari kemungkinan gagalnya suatu perencanaan yaitu:

  1. Penyusunan perencanaan yang kurang tepat yang disebabkan karena :
  • Informasinya kurang lengkap
  • Metodologinya kurang dikuasai
  • Perencanaan tidak realistis sehingga tidak mungkin dapat terlaksana
  • Mengabaikan/tidak mempertimbangkan faktor-faktor teknis perencanaan.
  1. Ketidaksesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan yang diakibatkan:
  • Tidak berkaitannya pelaksanaan dengan perencanaannya;
  • Aparat pelaksana tidak siap/tidak kompeten;
  • Masyarakat tidak mempunyai kesempatan berpartisipasi  sehingga tidak memberikan dukungan terhadap kegiatan yang dilaksanakan.
  1. Perencanaan mengikuti paradigma yang ada, namun tidak sesuai dengan kondisi dan perkembangan serta tidak mengatasi masalah yang mendasar seperti berorientasi hanya pada pertumbuhan yang justru menyebabkan tingginya kesenjangan.
  2. Perencanaan diartikan sebagai pengaturan total sampai hal-hal yang detail akan dapat menyebabkan kurang berkembangnya prakarsa individu dan pengembangan kapasitas serta potensi masyarakat.
Bupati Irna Narulita meraih penghargaan Best Woman Regional Leader 2018 dari Obsession Media Group.

Sektor Unggulan (Core Business) Pembangunan Kabupaten Pandeglang

  1. Sektor Pertanian

Keunggulan pada sektor pertanian terlihat dari kontribusi pdrb sektor pertanian. Kontribusi pdrb sektor pertanian  sebesar 33,94% ( rp 7,52 t) dari total pdrb kabupaten pandeglang. Sektor pertanian juga mempunyai keunggulan geografis seperti tanah yang subur, lahan pertanian yang luas, serta sumber mata air untuk pertanian.

  1. Sektor Kelautan

Diindikasikan dengan adanya garis pantai kabupaten pandeglang sepanjang 307 km, 10 kecamatan pesisir, serta  33 pulau.

Kerjasama Bank persepsi dalam pembayaran pajak daerah on line
  1. Sektor Pariwisata

Pandeglang lokasi salah satu KEK pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yakni Tanjung Lesung. Disamping itu, Pandeglang mempunyai sejumlah potensi wisata seperti pantai carita, kawasan taman nasional ujung kulon, kawasan Akarsari, Cikoromoy, Cisolong, wisata religi/ziarah Makam Syekh Mansyur Cikadueun, makam Syekh Asnawi Caringin, serta destinasi wisata lainnya termasuk wisata bahari.

Isu-isu strategis yang menjadi permasalahan pokok pembangunan Kabupaten Pandeglang tahun 2019 difokuskan pada empat aspek yaitu:

  1. Konektivitas dan aksesibilitas infrastruktur;
  2. Pendidikan dan kesehatan;
  3. Kemiskinan, pengangguran dan ketertinggalan;
  4. Tata kelola pemerintahan.
Rapat koordinasi pengelolaan PBB

“Keempat isu strategis pembangunan tersebut adalah tanggung jawab kita semua, tanggung jawab seluruh unsur masyarakat Kabupaten Pandeglang. Dalam hal ini saya berkeyakinan bahwa dengan semangat kebersamaan dan jalinan kekompakan diantara kita semua, insya Allah kita akan mampu melewati permasalahan pembangunan tersebut untuk menjadikan pandeglang semakin maju”

Berdasarkan keempat isu strategis pembangunan tersebut, maka tema pembangunan tahun 2019 adalah “Meningkatkan Konektivitas Dan Aksesibilitas Infrastruktur Untuk Penguatan Daya Saing Daerah”.

Penekanan prioritas pembangunan tahun 2019:

  1. Peningkatan konektivitas dan aksesibilitas infrastruktur;
  2. Peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan;
  3. Peningkatan persentase penduduk di atas garis kemiskinan, penyediaan lapangan kerja dan pengentasan desa tertinggal; serta
  4. Peningkatan tata kelola pemerintahan.
Bupati Irna Narulita (kanan) mencoba ruangan common center di gedung Sekda Pandeglang

Hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa target indikator kinerja utama pembangunan tahun

2019 sebagaimana tercantum dalam rpjmd

kabupaten pandeglang tahun 2016-2021 yaitu:

  1. Indeks pembangunan manusia (ipm) sebesar 65,19;
  2. Persentase penduduk di bawah garis kemiskinan sebesar 7,77%;
  3. Tingkat pengangguran terbuka sebesar 8,32%;
  4. Laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,50%;
  5. Kondisi jalan baik sebesar 45,00%; dan
  6. Jumlah kunjungan wisatawan dengan target 5,7 juta orang.
Bupati Irna Narulita mencoba pelayanan pajak secara on line

Progres Indikator Kinerja Makro Pembangunan Kabupaten Pandeglang

  • Kondisi awal kinerja tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2015 (periode awal rpjmd) sebesar 10,22%, pada saat ini menjadi  8,30% atau berkurang sebesar 1,92%.
  • Kondisi awal persentase penduduk di bawah garis kemiskinan pada tahun 2015 sebesar 10,43%, pada saat ini menjadi 9,67%, atau berkurang sebesar 0,76%;
  • Kondisi awal capaian opini laporan keuangan daerah pada tahun 2015 beropini wajar dengan pengecualian (wdp),   dan pada saat ini sudah meningkat menjadi wajar tanpa pengecualian (wtp);
  • Kondisi awal capaian laporan hasil evaluasi atas akuntabilitas  kinerja pemerintah kabupaten pandeglang  pada tahun 2015 bernilai  cc (cukup/memadai),   dan pada saat ini sudah meningkat berpredikat b (baik);
  • Kondisi awal indeks pembangunan manusia (ipm)  pada tahun 2015 sebesar 62,72,   pada saat ini meningkat menjadi 63,40, atau bertambah sebesar 0,68 digit.
  • Kondisi awal angka rata-rata lama sekolah  pada tahun 2015 sebesar 6,60 tahun,   pada saat ini sudah meningkat menjadi 6,62 tahun, atau bertambah sebesar 0,02 tahun.
  • Kondisi angka harapan hidup pada tahun 2015 sebesar 63,51 tahun, pada saat ini sudah meningkat menjadi 63,77 tahun atau bertambah sebesar 0,26 tahun.
  • Kondisi jalan baik pada tahun 2015 sebesar 29,11%, pada saat ini meningkat menjadi 38,14% atau bertambah sebesar 9,03%.(Adv)

 

 

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jasa Website Murah & Profesional
Close